05 September 2012

MENGEMBANGKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN

Wirausahawan adalah “Seseorang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai peluang, me-manage sumber daya yang dibutuhkan, mengelola risiko serta mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan sukses secara berkelanjutan”.

Ada 4 Unsur Pokok Wirausahawan menurut Peggy A. Lambing & Charles R. Kuehl, 1999), Pertama Kemampuan Berhubungannya dengan IQ dan Skill, mulai dari Membaca Peluang, Berinovasi, Mengelola dan Menjual. Kedua Keberanian Berhubungannya dengan EQ dan Mental, mulai dari Mengatasi ketakutannya, Mengendalikan risiko dan Keluar dari zona kenyamanan. Ketiga Keteguhan Hati Berhubungannya dengan motivasi diri, mulai dari persistence (ulet) atau pantang menyerah, determinasi (teguh akan keyakinannya), dan kekuatan pikiran (power of mind) bahwa anda juga bisa. Dan Keempat Kreativitas yg menelurkan sebuah inspirasi sebagai cikal bakal ide untuk menemukan peluang berdasarkan intuisi (hubungannya dengan experiences).

Menurut Ir. Hendro, MM; 2011 ada beberapa ciri khas Karakter seorang Entrepreneur. Pertama Pandai Mengelola Ketakutannya; Membangkitkan keberanian dan kepercayaan dirinya dalam menghadapi suatu risiko (risk-manager, bukan risk taker). Kedua Mempunyai “iris mata” yg berbeda dengan yg lain; Pola pandang yg berbeda dengan orang lain terhadap sesuatu. Ketiga Pemasar sejati atau penjual yg ulung; Skill ini memudahkan seseorang mengakselerasi bisnis agar tumbuh dengan cepat. Keempat Melawan arus dan menyukai tantangan baru; Selalu tidak bisa diam, berfikir dan terus berfikir. Creative and smart worker. Kelima High determination; mempunyai keteguhan hati yg tinggi dan menganggap kegagalan sebagai cambuk untuk mencapai sukses. Keenam tidak menerima apa yg ada didepannya dan selalu mencari yg terbaik (perfectionist); senantiasa berupaya mencapai yg terbaik dan berupaya mengubah keputusasaan menjadi kekuatan.

Untuk itu diperlukan strategi untuk Menumbuhkan Mental Wirausaha, mulai dari:
Melalui Komitmen Pribadi
Jiwa wirausaha ditandai dengan adanya komitmen pribadi untuk dapat mandiri, mencapai sesuatu yang diinginkan, menghindari ketergantungan pada orang lain, agar lebih produktif dan untuk memaksimalkan potensi diri. Anda dapat memprogram ulang diri anda untuk sukses melalui deklarasi tertulis, bahwa pikiran perasaan, ucapan dan tindakan anda akan selalu diperbaiki ke arah yang lebih baik (buat 1 deklarasi setiap hari selama 1 bulan).

Melalui Lingkungan dan Pergaulan yang Kondusif
Dorongan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha dapat berasal dari lingkungan pergaulan teman, famili, sahabat, karena mereka dapat berdiskusi tentang ide wirausaha, masalah yang dihadapi dan cara-cara mengatasinya. Sehingga mempunyai semangat, kemampuan dan pikiran untuk menaklukan cara berfikir lamban dan malas.

Melalui Pendidikan dan Pelatihan
Keberanian untuk membentuk jiwa wirausaha juga didorong oleh guru atau dosen di sekolah atau lembaga pelatihan. Mereka memberikan mata pelajaran kewirausahaan yang praktis dan menarik sehingga membangkitkan minat siswa untuk berwirausaha.

Karena Keadaan Terpaksa
Banyak orang yang sukses karena dipaksa oleh keadaan. Mungkin pada awalnya tujuannya hanya untuk memenuhi kebutuhannya. Tetapi karena usahanya yang keras, tidak gampang menyerah dan berputus asa, sehingga akhirnya menjadi wirausaha yang sukses.

Melalui Proses Berkelanjutan
Belajar, berlatih, bertindak, dan sukses berkelanjutan

Hal yang lebih spesifik yang harus dimiliki oleh seorang Wirausaha adalah : Pertama Kemampuan Teknik, yaitu kemampuan tentang bagaimana memproduksi barang dan jasa serta cara menyajikannya. Kedua Kemampuan Pemasaran, yaitu kemampuan tentang bagaimana menemukan pasar dan pelanggan serta harga yang tepat. Ketiga Kemampuan Finansial, yaitu kemampuan tentang bagaimana memperoleh sumber-sumber dana dan cara menggunakannya. Dan Keempat Kemampuan Hubungan, yaitu kemampuan tentang bagaimana cara mencari, memelihara dan mengembangkan relasi dan kemampuan komunikasi serta negosiasi.

Sekian dulu ya, mudah-mudahan berguna dan bisa membangun jiwa kewirausahaan anda ….!

1 komentar:

Unknown mengatakan...

artikel nya bagus kang... menumbuhkan jiwa enterpreneur....


terima kasih.


Care Indonesia


ekasasri
































































Care Indonesia

SILAHKAN DUKUNG BLOG INI

KE REKENING BCA 8855 1274 62 AN. ATENG