06 Januari 2009

Letih dan Lesu

Anda pasti pernah merasakan tubuh yang sedang letih, lesu, dan tidak bertenaga. Padahal Anda sedang diburu pekerjaan yang deadline, tapi tubuh sepertinya tidak bisa untuk diajak kompromi, dan lebih parahnya lagi bila tubuh sama sekali kehabisan energi maka tidak hanya rasa pegal pada otot saja tapi juga tubuh sulit untuk digerakkan untuk memulai aktivitas.

Selain hal tersebut, tubuh yang sedang letih dan lesu bisa mengganggu konsentrasi dalam mengerjakan sesuatu dan lebih mudah marah pada hal yang sepele.

Tubuh yang sedang letih dan lesu biasanya karena tubuh kelelahan terlalu banyak melakukan aktivitas sehingga melupakan tubuh untuk beristirahat yang cukup sehingga hal tersebut dapat membuat tubuh menjadi kehabisan banyak energi, dan hal ini dapat memicu timbulnya stress dan membuat Anda merasa jenuh terhadap pekerjaan.

Tetapi jika tubuh mengalami rasa letih dan lesu dalam waktu yang lama, Anda perlu segera periksakan ke dokter karena ada beberapa penyakit yang menyebabkan tubuh menjadi letih dan lesu, yaitu :
1. Anemia. Hal ini paling sering ditemukan pada wanita yang sedang menstruasi, hamil ataupun yang sedang mengalami pendarahan. Sedangkan anemia pada anak-anak, sering muncul karena kekurangan zat besi pada masa pertumbuhan.
2. Infeksi. Atau serangan virus juga dapat membuat tubuh menjadi letih dan lesu, contohnya ketika tubuh terserang flu.
3. Depresi. Keadaan yang sedang tertekan, stress dan depresi sangat cepat timbulnya letih dan lesu.

4. Metabolisme Rendah. Jika keadaan tubuh mengalami metabolisme yang rendah membuat tubuh menjadi sukar untuk mengubah nutrisi menjadi energi.
5. Gejala penyakit kronis. Orang yang sedang mengalami penyakit kronis biasanya merasakan letih dan lesu meskipun waktu tidur mereka cukup dan tidak banyak melakukan aktivitas.

Untuk itu, Anda perlu mengatur pola makan yang benar. Tingkatkan konsumsi Magnesium. Makan makanan yang sehat dan seimbang dapat membantu tubuh untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan. Sayangnya godaan untuk memakan makanan yang tidak sehat sedemikian besar sehingga kemungkinan tubuh akan kekurangan mineral cukup besar khususnya magnesium.

Para ahli mengatakan, diperkirakan mineral diperlukan untuk lebih dari 300 reaksi biokimia yang terjadi di dalam tubuh termasuk memecah glukosa menjadi energi. Jadi bila jumlah mineral sedikit berkurang maka produksi energi juga akan ikut ikutan berkurang.

Beberapa penelitian menyebutkan, wanita yang kekurangan mineral magnesium memiliki detak jantung yang lebih cepat dan memerlukan lebih banyak oksigen untuk melakukan aktivitas fisik bila dibandingkan dengan wanita yang cukup mengkonsumsi mineral magnesium.

Untuk mengkonsumsi mineral magnesium, direkomendasikan antara 300 mg untuk perempuan dan 350 mg untuk laki laki. Makanan sumber magnesium antara lain; kacang kacangan, ikan dan sereal.

Selain itu, biasakan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan karena menurut pandangan para ahli, hal ini akan meningkatkan tenaga untuk tubuh yang dapat dilakukan dengan mudah, tidak memerlukan peralatan khusus dan dapat dilakukan dimana saja.

Tidurlah yang cukup, karena tekanan yang terjadi pada otak menyebabkan tubuh kehilangan energy. Dengan tidur nyenyak akan membantu tubuh memulihkan energy yang telah terbuang dan juga mengembalikan kesegaran pada otak.

Sarapan dan jangan lupa telat untuk makan sebelum memulai pekerjaan, karena hal ini membuat mood yang lebih baik dan memiliki tubuh yang lebih bertenaga untuk melakukan aktivitas sepanjang hari.
Hindarkan stress dan kendalikan amarah, karena salah satu pemicu terbesar rasa letih dan lesu adalah stress yang membuat tubuh kelelahan baik secara fisik dan mental.

Untuk itu lakukanlah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi stress dan mengendalikan amarah antara lain dengan melakukan relaksasi setiap hari, berolahraga untuk membakar efek kimia dari stress dan marah, mendengarkan musik, membaca novel atau hanya bercakap cakap dengan teman dekat.

Hindarkan alkohol dan perbanyak minum air putih, karena tubuh yang kekurangan cairan akan menyebabkan dehidrasi sehingga membuat tubuh lelah dan lemah. Untuk membentuk energi, tubuh memerlukan air sehingga bila pemasukan air kurang maka energi yang terbentuk pun tidak optimal. Minum segelas air juga diperlukan untuk memulihkan energi setelah berolah raga karena saat olah raga tubuh mengeluarkan cairan yang berlebihan dalam bentuk keringat.

Tidak ada komentar:

SILAHKAN DUKUNG BLOG INI

KE REKENING BCA 8855 1274 62 AN. ATENG