08 April 2008

DUNIA MEMANG SUDAH GILA

Sangat tepat jika kita awali dengan mengakui bahwa dunia ini kacau dan gila. Dunia ini benar-benar tidak layak.

Kita sedang mengotori diri kita sendiri menuju sebuat sudut. Seluruh sistem natural kita mengalami kemunduran. Pertumbuhan kependudukan kita semakin tinggi sehingga bumi mungkin tidak lagi mampu menampungnya. Kita bertindak seolah sumber-sumber yang kita miliki akan kekal selamanya, ketimbang mengisinya dan membangun suatu masa depan yang kokoh.

Jika terjadi kemajuan dalam hal pengurangan senjata nuklir, masih ada puluhan ribu peledak senjata nuklir di planet ini – cukup untuk membunuh laki-laki, perempuan dan anak-anak tiga atau empat kali. Seratus bom nuklir, yang meledak di kota, bisa menimbulkan awan gelap yang cukup untuk menutup sinar matahari dan menghancurkan seluruh kehidupan di planet kita ini.

Makanan yang dihasilkan diseluruh dunia ini cukup untuk memberikan kalori yang memadai untuk setiap orang yang menghuni planet ini. Namun, ratusan ribu orang meninggal setiap tahun karena kelaparan dan satu milyar manusia di planet kita ini mengalami kekurangann bahan makan secara signifikan. Jutaan orang menderita penyakit, sementara kita telah memiliki obatnya.

Kita mengatakan, masa depan bergantung kepada anak-anak kita, tetapi kita tidak meluangkan waktu untuk mereka. Waktu yang diluangkan orang tua untuk menjalin interaksi yang bermakna dengan anak-anak mereka diukur dengan hitungan menit untuk setiap harinya, sementara waktu yang dihabiskan anak untuk menonton televisi diukur dengan hitungan jam. Kita mengharapkan sekolah-sekolah kita akan mengerjakan pekerjaan yang tidak kita kerjakan di rumah, tetapi kita membayar guru sekolah dengan prosentase yang kecil daripada yang kita bayarkan untuk atlet profesional. Kita berhasil meluluskan ratusan ribu siswa setiap tahun yang tidak bisa membaca diploma sekolah menengah mereka sendiri.

Kita menginginkan negara kita dibangun hingga mencapai kejayaan, tetapi siapa yang anda tahu seringkali lebih penting dari apa yang anda tahu. Kita mengatakan kita adalah masyarakat yang menjunjung kesetaraan, tetapi minoritas rasial dan etnik harus berjuang untuk memperoleh kesetaraan yang tidak pernah mereka dapatkan.

Banyak orang berpaling dari nilai-nilai kemanusiaan yang menopang seluruh generasi sebelum kita. Beberapa orang memutuskan bahwa segala sesuatu adalah relatif dan subyektif. Terhadap segala hal itu tidak melekatkan makna apapun dan kemudian mereka memprotes bahwa kehidupan ini hampa dan tidak bermakna.

Kemudian kerusakan lingkungan hidup juga semakin parah, sehingga menimbulkan lahan kritis semakin luas dan dampaknya menimbulkan beraneka ragam bencana alam serta pemanasan global yang semakin parah. Berbagai upaya dilakukan untuk menguranginya, namun tetap saja ada pihak-pihak yang melakukan pengerukan untuk memperkaya diri sendiri dan kroni-kroninya.

Ya, dunia ini gila. Jika dunia terlihat tidak layak bagi anda, anda benar. Dunia ini sesungguhnya tidak layak. Yang terpenting bukan soal bagaimana kita menghujatnya. Yang terpenting bukan menghilangkan harapan. Namun yang terpenting bahwa : Dunia ini tidak layak, tetapi anda bisa melakukan sesuatu yang layak. Anda bisa menemukan makna personal.

Tidak ada komentar:

SILAHKAN DUKUNG BLOG INI

KE REKENING BCA 8855 1274 62 AN. ATENG