04 April 2008

EMOSI

Setiap orang mempunyai emosi. Dari bangun tidur pagi hari sampai waktu tidur malam, kita mengalami berbagai macam pengalaman yang menimbulkan berbagai macam emosi pula. Misalnya saja, pada waktu makan pagi bersama keluarga, kita merasa gembira; dalam perjalanan menuju kantor, kita jengkel karena jalanan macet; setelah tiba di kantor, kita merasa malu karena terlambat; dan seterusnya. Semua itu merupakan emosi kita yangmenjadi bagian dari hidup kita.

Menurut William James, emosi adalah kecenderungan untuk memiliki perasaan yang khas bila berhadapan dengan objek tertentu dalam lingkungannya. Memang semua orang memiliki jenis perasaan yang sangat serupa, namun intensitasnya berbeda-beda. Emosi-emosi ini dapat merupakan kecenderungan yang membuat kita frustrasi, tetapi juga dapat menjadi modal untuk meraih kebahagiaan dan keberhasilan hidup. Itu tergantung emosi mana yang kita pilih dalam reaksi kita terhadap orang lain, kejadian-kejadian dan situasi di sekitar kita.

Agar kita dapat memilih emosi yang dapat membantu kita meraih kebahagian dan keberhasilan hidup, kita harus melihat bagaimana emosi mempengaruhi diri kita. Kita harus tahu bagaimana mekanisme emosi kita, sebelum kita dapat memilih mana emosi yang menghambat kemajuan kita dan mana emosi yang membantu kita. Seperti halnya mesin mobil, kalau kita tahu mesin dan cara kerjanya, maka bila mobil itu mogok, kita akan dapat mengatasinya dengan lebih baik daripada kita tidak tahu sama sekali tentang mesin. Demikian pula halnya dengan emosi, kalau kita mengenal emosi-emosi kita dan mekanismenya, bila mendapatkan gangguan emosional, kita dapat mengatasinya dengan lebih baik.

Bagi pada pembaca yang merasa sering mendapatkan gangguan emosional atau merasa memiliki berbagai macam perasaan tetapi tidak tahu bagimana mengaturnya, mudah-mudahan bacaan berikutnya akan memperkaya Anda dan memberikan beberapa petunjuk yang dapat bermanfaat bagi Anda.

Tidak ada komentar:

SILAHKAN DUKUNG BLOG INI

KE REKENING BCA 8855 1274 62 AN. ATENG