14 Maret 2008

Pemberdayaan Masyarakat Lewat Radio Komunitas

Media komunitas dalam bentuk siaran radio boleh dibilang merupakan bidang yang masih belum banyak dikenal dan dikembangkan di indonesia. Radio Komunitas adalah salah satu usaha sederhana, bukan saja memberi rakyat akses pada informasi, tapi juga akses pada alat-alat komunikasi.

Kegiatan ini didasarkan pada anggapan bahwa rakyat yang berinteraksi secara bebas dan saling memberi manfaat di antara mereka sendiri serta komunitas lain, akan mencapai perkembangan sejati dalam waktu yang lebih singkat. Skema produksi radio tingkat kampung memberi kesempatan kepada lebih banyak orang untuk mengekspresikan diri secara politis, sosial, kultural, dan spiritual. Pendududuk desa didorong untuk mempersiapkan program berikut segala materinya yang nantinya akan disiarkan di stasiun radio yang juga terdapat di wilayah mereka sendiri.

Produksi rekaman ini memberikan kesempatan yang baik bagi sebagian besar anggota masyarakat yang tadinya jarang didengarkan. Terutama mereka yang tinggal di tempat-tempat yang jauh dari sebuah sebuah komunitas. Melalui produksi tersebut, mereka dapat mempertunjukan bakat, pemikiran dan penilaian mereka, serta perasaan dan pandangan mereka.

Di wilayah dimana interaksi antar anggota masyarakat terbatasi oleh hambatan geografis, sosial dan ekonomi, produksi radio tingkat kampung akan memberi mereka akses pada alat-alat komunikasi. Artinya, orang-orang biasa yang tadinya Cuma berperan sebagai penerima pesan, kini bisa menjadi membuat pesan.

Pertemuan tingkat kampung menyediakan kesempatan rutin bagi anggota komunitas untuk membicarakan segala hal yang berhubungan dengan permasalahan kampung dimuka umum. Dalam kesempatan tersebut, para pemimpin kampung mau tidak mau dituntut untuk memberikan tanggapan yang memadai, bahkan ketika mereka hanya mampu melontarkan janji-janji kepada penduduk kampung. Dengan demikian, pertemuan atau diskusi tingkat kampung paling tidak telah mengedepankan berbagai masalah yang sering dilupakan, padahal masalah-masalah itu itu sungguh penting.

Produksi radio komunitas di kampung merupakan suatu usaha paling sederhana, yang bukan hanya memberikan akses pada alat-alat komunikasi. Tujuan akhirnya adalah memberdayakan dan membebasakan mereka, dengan cara mengungkapkan kemauan mereka sendiri.
Berangkat dari keadaan tersebut, maka sejak tahun 2003 lembaga kami sampai sekarang sudah mendirikan 12 buah stasiun radio komunitas yang tersebar di 5 Kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Pontianak, Landak, Singkawang, Sambas dan Kabupaten Bengkayang. Harapannya tersedianya media alternatif yang mampu menyebarkan informasi bagi kemajuan komunitas sekitarnya.

Tidak ada komentar:

SILAHKAN DUKUNG BLOG INI

KE REKENING BCA 8855 1274 62 AN. ATENG