28 Maret 2008

MENERIMA DENGAN IKLAS

Hari ini saya mengenakan dunia seperti pakaian yang longgar, mengambil tindakan dan melepaskan hasil-hasilnya.

”Apakah saya akan mendapatkan pekerjaan baru itu?” ”Apakah pria/wanita yang berkencan dengan saya akan menikah dengan saya?” ”Apakah saya memperoleh cukup uang untuk mengadakan perjalanan ke Eropa tahun ini?” Ada kebijaksanaan dalam menjawab, ’Saya tidak tahu’.

Hari ini kita tidak perlu berpikir tentang apakah keinginan kita akan terwujud. Kita hanya dapat mengambil tindakan dan melepaskan hasil-hasilnya. Dengan cara ini, kita mengenakan dunia seperti pakaian longgar, tanpa mencoba untuk memanipulasi situasi-situasi agar situasi itu terjadi.

Mencoba untuk berbuat sesuatu terjadi adalah seperti mencoba untuk mendorong ke belakang gelombang yang menuju ke arah anda. Hal itu tidak pernah berhasil! Seorang kenalan saya baru-baru ini mengalami kegagalan dalam mencoba mengendalikan hal yang tidak terkendalikan. Ia akan pindah ke rumah baru menjelang akhir bulan. Semua rencana yang telah dibuat nampaknya gagal. Penyewa sebelumnya menunda kepindahannya satu minggu lagi. Tukang kebunnya terus-menerus menunda waktu jika ia melakukan pekerjaan membuat perabotan.

Akibatnya, ia menjadi cemas dan membagi frustrasinya dengan seorang kawan dekat. Kawannya mengatakan, ”Anda tidak dapat melakukan lebih dari yang anda sedang lakukan. Jadi tetaplah melakukan kunjungan anda setiap hari. Jika segala sesuatu tidak berjalan seperti yang direncanakan, ketahuilah bahwa kejadian-kejadian tersebut membuka dengan cara seperti yang seharusnya. Anda dapat membuang banyak waktu dan energi untuk mencoba memanipulasi situasi ini, tetapi anda memiliki terlalu banyak hal lain untuk dikerjakan, seperti membesarkan anak-anak anda dan membangun bisnis SAMBAKO anda. Merasa khawatir hanya akan menghabiskan energi”.

Ia menerima nasihat kawannya dan menggunakan waktunya secara produktif. Ia juga mengingat Doa Kedamaian:
Tuhan berikan saya kedamaian
Untuk menerima hal-hal yang tidak dapat saya ubah,
Keberanian untuk mengubah hal-hal yang dapat saya ubah,
Dan kebijaksanaan untuk mengetahui perbedaan.

Tolong saya menghemat energi saya, agar saya dapat dengan tenang memusatkan perhatian pada hal-hal yang memerlukan perhatian saya sekarang.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

setuju mas
Kita hanya dapat mengambil tindakan dan melepaskan hasil-hasilnya

SILAHKAN DUKUNG BLOG INI

KE REKENING BCA 8855 1274 62 AN. ATENG